Sabtu, 22 Disember 2012

Penerapan Model Strategi Pemasaran Usaha Kecil Berbasis Web 2.0 Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Kecil

REVIEW 13


5.4. Implementasi Sistem

a. Teknologi Pendukung Proses Implementasi
          Teknologi berbasis Internet yang digunakan untuk mengembangkan sistem pemasaran Web 2.0 ini dengan cara membangun web server dan meletakkan web server tersebut di intranet yang terhubung dengan Internet. Web server dan database server yang dibangun , diletakkan dalam jaringan komputer TN/MB UPI. Topologi jaringan di gedung TN/MB UPI dapat dilihat pada Gambar 5.11



b. Implementasi Halaman Web
          Berikut ini penjelasakan dari halaman web yang diimplementasikan yang terdiri dari halaman statis dan halaman dinamis (.html dan.php). Sedangkan gambar dari skema dari halaman web dapat dilihat pada Gambar 5.
  1. Index, merupakan halaman muka dari sistem.
  2. About, merupakan halaman yang berisi informasi mengenai Inkubator bisnis .
  3. Info & News, berupa halaman yang menampilkan berita dan informasi sekitar Sistem pemasaran web 2.0
  4. Staff, merupakan halaman yang menampilkan data dari peneliti , dinas terkait , dan pelaku industri kecil UMKM .
  5. Syarat, berisikan persyaratan untuk mengikuti sistem Pemasaran web 2.0
  6. Data produk , merupakan halaman yang menampilkan daftar produk UMKM
  7. Login, merupakan file yang menangani proses authentifikasi user pada sistem. Bila username/password cocok dengan database pelaku industri , maka script akan memilih session industri kecil , sedangkan bila cocok dengan database sentra industri , maka akan dialihkan ke session peneliti, dinas terkait
  8. Pelaku industri , merupakan sesi pelaku industri yang berisikan menu-menu untuk pelaku industri .
  9. Content Product , merupakan halaman produk /company profile dari pelaku industri . Pada file ini akan ditampilkan content product yang sedang diupload .
  10. Resource, merupakan virtual product untuk sistem pemasaran berbasis web 2.0 ini. Di gunakan untuk menampilkan data-data produk, jenis produk yang sejenis , dan alamat-alamat web yang dapat mendukung content produk .
  11. Pencarian, digunakan untuk mencari data-data produk atau sentra industri yang ada.
  12. Produk , berisikan detail content tiap produk . Pada halaman ini akan ditampilkan daftar produk , harga , daftar varian produk , audio, video, virtual produk , Dan pada setiap produk yang akan ditampilkan .
  13. Forum Diskusi, digunakan sebagai media interaksi untuk berdiskusi antara pelaku industri dengan peneliti dan dinas terkait berkaitan dengan content yang bersangkutan.
  14. Progress Report, menampilkan aktivitas pelaku industri UMKM terhadapa sistem pemasaran berbasis web 2.0 . Data-data yang ditampilkan seperti : aktivitas berdiskusi, penambahan content produk perubahan harga , promosi Aktivitas akan di evaluasi .
  15. Perubahan content & harga , merupakan halaman untuk melihat harga yang diberikan pelaku indutri
  16. Peneliti atau dinas terkait , merupakan sesi peneliti yang berisikan daftar content produk yang ditawarkan dan menu untuk memasukkan list content baru .
  17. Lihat content produk , digunakan untuk menampilkan daftar content produk seperti list produk, harga , dan file pendukung produk .
  18. Masukkan content , digunakan untuk memasukkan data conten produk ke dalam database.
  19. Masukkan file produk, audio, video, dan virtual product, digunakan untuk memasukkan file-file pendukung produk. File ini akan ditampilkan berdasarkan sentra industri kecil .
  20. Masukkan topik, merupakan halaman untuk memasukan content (upload file) produk yang berupa file html, ke direktori di server. Dan setelah memasukkan data produk ke database, maka kita bisa memasukkan harga, promosi , dan file pendukung topik materi. File ini akan di akses pelaku industri sebagai isi dari content yang diberikan produsen .
6. Uji coba Model Strategi Pemasaran usaha kecil 2.0

          Tahap terakhir dari pengembangan Model Strategi pemasaran usaha kecil web 2.0 telah dilaksanakan . Pada tahap ini dilakukan uji coba terhadap aplikasi yang telah dibangun serta dilanjutkan dengan melakukan evaluasi terhadap kelebihan dan kekurangan dari sistem tersebut Uji coba dilakukan terhadap pengguna Sistem pemasaran berbasis web 2.0 yang terdiri dari pelaku industri UMKM peneliti dinas terkait dsb .
          Berikut ini adalah content data Uji Model Strategi pemasaran usaha kecil web 2.0 untuk 6 sentra produk unggulan di kota bandung. Kota Bandung mempunyai program merevitalisasi 6 kawasan industri dan perdagangan yang berpotensi memberikan kontribusi ekonomi tinggi Kawasan Sentra Industri dan Perdagangan di 5 Kawasan merupakan program prioritas Kota Bandung yang tertuang pada Perda No. 2 Tahun 2004 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah dan Perda No.3 Tahun 2006 Tentang Perubahan Perda No. 2 Tahun 2004 Tentang RTRW Kota Bandung. Kota Bandung terkenal karena produk-produk yang dihasilkannya merupakan produk unggulan. Beberapa produk yang ada merupakan primadona kota, seperti jeans, sepatu, kain, rajutan dan kaos. Proses produksi dan pemasaran produk tersebut terkonsentrasi di 5 (lima) Kawasan Sentra Industri dan Perdagangan Kota Bandung.


          Penataan 5 (lima) KSIP sebagai tindak lanjut dari Keputusan Walikota Bandung Nomor 517/Kep.793. Huk/2006 tentang Tim Penataan Kota Bandung.
          Pencanangan Revitalisasi 5 (lima) KSIP diharapkan dapat menumbuhkembangkan dan meningkatkan potensinya serta menggairahkan iklim usaha perdagangan dan industri kecil menengah (IKM) di Kota Bandung.
         KSIP memiliki potensi sebagai tempat ’wisata industri’ (Industrial Tourism) di masa yang akan datang, dimana pengunjung tidak hanya datang untuk belanja, tapi juga dapat melihat secara langsung proses produksi sampai tercipta produk.


          Penelitian kami hanya usaha kecil yang ada pada empat sentra unggulan dan dua sentra industri yaitu sentra kulit olahan cibaduyut , sentra rajut binong jati, sentra textile cigondewah, sentra kaos suci , sentra keramik kiara condong serta sentra boneka sukamulya holis.

Nuli Rahayu (25211272)/2EB09
Fakultas Ekonomi
2011 - 2012








Tiada ulasan:

Catat Ulasan